20 July 2010

Ujung Genteng,, surga tersembunyi di Sukabumi

Akhirnya kesampean juga gw ke ujung genteng sama temen gw setelah kurang lebih 7 bulan merencanakan perjalanan ini, oh senangnya hati ini. Mari kita mulai ceritanya. Kita berangkat hari jum'at tanggal 9 Juli 2010 tepat pada jam 11 siang, soalnya 2 temen gw mau SERTIJAB dulu, kita berangkat bertiga make motor dari kampus tercinta di iringi do'a dari teman- teman tercinta. Start jam 11 dari kampus, sempet ngeliat ada yg kecelakaan tak jauh sebelum kita masuk kota Sukabumi, ada 2 orang jatuh dari motor, yg 1 tergeletak di sisi jalan dengan kepala bocor dan darahnya berceceran di aspal kalo yg 1 lagi mah cuma terduduk tak berdaya (makanya jgn suka kebut- kebutan), sampe ke kota Sukabumi sekitar jam setengah 2 dan kita nyari warung makan dulu buat isi perut, soalnya gw ama temen gw emang belum sarapan pagi sih. Setelah perut terisi kita melanjutkan perjalanan lagi karena jam udah menunjukkan pukul 14.00 WIB dan kita ga mau terlalu malem sampe ke Ujung Gentengnya karena kita bertiga ga ada yg tau jalan menuju kesana. Kita menuju ke jalan Otista Sukabumi dan mengisi bensin di salah satu POM bensin yg ada disana sekaligus menanyakan arah menuju ke Ujung Genteng kepada sang petugas pengisi bahan bakar, dia ngasih tau ke gw kalo kita harus ke jalan Pelabuhan 2 terus kalo udah nyampe ke Pasar Cikembar belok ke kiri menuju ke arah Surade. Disinilah mulai penderitaan kami sodara- sodara, jalan menuju ke arah Surade dari Pasar Cikembar sungguh sangat buruk sekali, kalo kata gw mah yah kaya sungai yg airnya kering, rusak parahlah, dan emang lagi ada pengaspalan jalan jadinya kita harus ngantri buat ngelewatin jalan itu. Udah gitu ngaspal jalannya kaya ga niat gitu, 1 km jalan bagus karena di aspal eh di depannya 50 meter jalan rusak lagi trus bagus lagi kira- kira 2 km eh jelek lagi, kaya yg labil gitu ngaspalnya :p. Penderitaan bertambah karena hujan sempet turun, kita sempet berhenti buat make jas hujan, oia saran dari gw yah, jgn percaya sama jarak yg tertera di marka jalan karena gw sempet nemuin ada marka jalan yg nyebutin kalo Ujung Genteng 92 km lagi dan setelah kurang lebih setengah jam kita bermotoran ada marka jalan lagi yg nunjukin kalo Ujung Genteng tuh 97 km, what the F*** bukannya ngurangin jarak malah nambah jarak. Skip aja yah ceritanya, kita nyampe ke pom bensin terakhir sebelum ke Ujung Genteng, tepatnya di daerah Surade kalo ga salah mah setelah terminal Surade atau kurang lebih 20 km sebelum ujung genteng. Disitu kita isi bensin full tank dan ngisi botol air mineral ukuran 1.5 liter buat persiapan, trus kita lanjut jalan lagi dan kita menemukan minimarket terakhir sebelum nyampe Ujung Genteng, sekitar 4 km dari pom bensin terakhir.

"Taraaaa kita sampe juga ke Ujung Genteng" itu yg pertama kali ada di pikiran gw begitu nyampe ke pos retribusi buat masuk ke daerah wisata Ujung Genteng, ternyata gw salaaaaaah sodara- sodara, masa dari pos retribusi ke pantai masi ada kali sekitar 10 km mah, jauh bener dia naro pos retribusinya, ga percaya ama gw?? buktiin sendiri deh. Setelah kurang 20 menit momotoran akhirnya kita ngeliat juga pantainya hahahahaha tapi gelap, da udah malem jam setengah 7an. Langsung menuju salah satu warung yg ada di pinggir pantai buat ngopi dan kita pun nanya- nanya perihal masalah penginapan (cieeee perihal). Karena ga dapet info penginapan yg jelas karena si bapaknya pasti bilang ga tau, akhirnya gw bertiga mutusin buat nyari sendiri. Kita bertiga muter- muter ga karuan sampe akhirnya kita bertiga memutuskan untuk beristirahat di depan sebuh toko, eh disamperin sama calo penginapan, nawarin penginapan dia, mahal bener (kalo menurut gw mah) masa 300 rebu sekamar, kalo kosan gw mah sabulaneun tah 300 rebu mah hahahaha. Karena gw temen gw nolak dia keukeuh nawarin penginapan lain, ada rumah wargalah trus jurus pamungkasnya adalah nawarin rumah dia sendiri yg kata dia terserah mau dibayar berapa aja. Sempet terjadi ketegangan antara gw sama temen gw, gw udah cape banget mau istirahat (sebenernya temen gw sama aja, apalagi dia yg bawa motor dan gw cuma duduk manis) jadi gw mah mau di mana aja jadi karena badan gw udah remuk rasanya apalagi gw laper beratos tapi temen gw ga mau di rumah warga dan hanya make kasur palembang, tau kasur palembangkan?? itu lho yg kaya karpet itu. Akhirnya gw bilang kalo mendingan kita cari makan dulu dan kita rembukan masalah ini, eh calonya ngikutin gtu deh padahal kita mau nyari makan, dapet rumah makan ternyata rasanya hambar ga jelas, kayanya Ujung Genteng ga kenal sama yg namanya bumbu dapur de :p. Perut udah keisi lanjut cari penginapan, muter- muter ga jelas lagi deh gw sama temen gw, sampe akhirnya kita nekat nanya ke calo yg nawarin penginapan dan untungnya pas dia nawarin penginapan sang penjaga penginapan lewat dan gw langsung nego harga ga pake lama, dia nawarin 200 rebu semalem gw tolak dengan tidak hormat (wakakakaka), gw bilang gmn kalo cepe aja semalem dan gw mau nginep 2 malem, dia bilang sok aja seratus tapi 1 malem aja soalnya besok udah di booking sama orang lain, udah deh gw jadiin aja. Ternyata enakeun pisan penginapannya, jadi modelnya tuh rumah panggung, ada terasnya trus didalemnya cuma 2 tempat tidur tanpa kamar gitu sama kamar mandi yg bersih. Di dalem kamar gw sempet nego lagi sama yg jaga penginapan, gmn kalo besok kita disini lagi dan buat yg besok kita jadiin 150 rebu jadi 250rebu kita bayarnya dan ternyata dia menolak dengan dingin. Dia nawarin kamar ke gw dengan harga 100 rebu, "weh bang masa di rumah ini cepe di kamar juga cepe, gmn kalo gocap aja?" kata guah. Dia bilang "ya udah 75 rebu aja", deal terjadi sodara- sodara, mandi deh gw sama anak- anak, trus kita gogoleran di teras depan, trus ke pantai buat nikmati angin dan cahaya rembulan yg bersinar terang (padahal mah ga ada bulan, bintang banyak tapinya). Setelah puas menikmati angin dan cahaya rembulan serta dinginnya air laut kami pun lelap tertidur, persiapan buat besok maen sepuasnya.

Inilah hari yg di tunggu- tunggu kawaaaaaaaan, bangun pagi buat ngliat sunset tapi gw bangunnya kesiangan jadi ga ada sunset buat gw hari itu :-| . Airnya masi pasang ternyata sobat jadi kita cuma maen di pinggir pantai aja, gw ama temen gw lalu menyusuri indahnya dan putihnya pasir pantai Ujung Genteng buat sekedar poto- poto.

Setalah poto- poto di pagi hari akhir gw sama temen gw balik ke penginapan deh, udah gitu ngeluarin motor buat nyari sarapan, nyari sarapan aja susah bener deh disini, akhirnya kita mutusin kearah pantai Pangumbahan buat nyari sarapan dan liat- liat keadaan disana. Dapet tukang bubur disana, tapi weeeeeew buburnya isinya semut doang, ampun dah bang, udah makan bubur (sebenernya ga gw makan karena banyak gw buang) kita balik ke penginapan, disini gw sama temen gw dani tidur lagi (terakhir diketahui bung riki juga tidur), gw bangun gara- gara denger orang ngetok pintu dan ternyata yg di ketok bukan pintu penginapan gw tapi pintu kamar mandi di sebelah penginapan yg emang ada di luar, setelah gw cek ternyata ada yg kekunci di kamar mandi itu, gw bukain aja deh tuh pintu kamar mandi, udah gtu temen gw yg bernama riki bilang kalo air lautnya udah surut, semangat dong gw buat maen aer, ambil perangkat poto kita berangkat ke laut kawan. Disini ada sedikit insiden karena ketidaktauan gw, gw sotoy aja maen ke aer ga pake sendal, ternyata masih banyak bulu babi disini (terakhir gw tau dari penjaga penginapan kalo ada ikan kecil yg bisa nyengat dan bikin kaki bengkak gede banget, ada pengunjung pantai yg kena juga soalnya), gw balik ke penginapan sendirian karena kaki gw rasanya nyut- nyutan banget dan langsung nyari sang penjaga buat minta di obatin, caranya cukup aneh menurut gw, kaki kita di pukul- pukul make batu kali dan karena ga ada batu kali maka di ganti sama palu, ya lu ga salah denger ko, make palu. Eh temen gw emang setia kawan banget deh, mereka balik ke penginapan buat nengok gw yg terkapar tak berdaya ini (lebay mampus deh gw).

Setelah setangah jam di pukul- pukul gw merasa lebih enakan, ayo anak- anak kita lanjutkan petualangan kita. Jalan susur pantailah kita menuju ke arah pantai Penangkaran Penyu, jaraknya sekitar 7 km dari penginapan gw, kita sih enjoy aja karena kan niatnya emang mau nenikmati pantai sama poto- poto.

Ada kejadian sedikit horor nih, temen gw yg namanya dani sempet berpose di karang besar dan ternyata dia ga sadar (sebenernya gw sama sang photografer juga ga sadar) kalo ternyata dikarang itu ada uler laut yg lagi tertidur dengan manisnya, untung tuh uler ga bangun dan ngegigit leher temen gw soalnya posisi tuh uler pas di deket leher temen gw.

(kalo lu pada jeli tuh uler ada disebelah kiri, didalem lubang ada mahluk bergaris -garis, kurang lebih 30 cm dari bahu temen gw)

Lanjut ke pantai Pangumbahan, berhenti sejenak buat sekedar makan mie instant dan kelapa muda, mantep kelapa mudanya coy. Seger banget deh siang- siang terik matahari minum kelapa muda. Kita lanjut jalan lagi, menyusuri indahnya pantai Pangumbahan menuju ke pantai Penangkaran Penyu.

Akhirnya nyampe juga ke pantai Penangkaran Penyu, sumpah indah banget, bersih banget pantainya udah gtu pasirnya putih dan sepi banget. Oia kita sempet ke Penangkaran Penyunya tapi sayangnya pelepasan tukik dilakukan jam 5 sore padahal pas gw nyampe kesana baru jam 2 siang (padahal udah jalan jauh juga). Tapi ga apa- apa karena kebayar kok sama indahnya pantai Penangkaran Penyu. Sempet di peringati sama penjaga Penangkaran Penyu supaya jgn terlalu ketengah maen aernya.

Eh tau ga sih lo kalo The Best Damn Thing-nya selama gw ke Ujung Genteng adalah pas malem minggu atau malem sebelum kepulangan gw ke Bandung gw sama temen gw tiduran di putihnya pasir sambil melatap jutaan bintang yg menghiasi pada malem itu, gw sama temen gw larut dalam lamunan masing- masing, menghisap tiap inci rokok sambil di temani alunan lagu Padi yg judulnya Mahadewi, cocok banget sama suasana malem itu karena hamparan langitnya maha sempurna dan bertahta bintang- bintang di angkasa.

Sekaian dulu cerita jalan- jalan kali ini, sampai berjumpa di lain waktu, Adios Amigo...

Asty said...

pingin euy ke ujung genteng
tapi pengalaman terakhir ke sukabumi gw tragis
jd mikir 2x ahueheheee
tapi pingin ke pantai....*labil*

galih said...

tragis knp??
bagus ko,, temen gw aja kemaren abis dari sana juga,, dia bilang jauh tp dia puas..